Tiket Ganda, Penumpang KA Harina Protes

Kompas.com - 28/10/2011, 23:26 WIB
Mukhamad Kurniawan

Penulis

CIKAMPEK, KOMPAS.com — Ratusan penumpang Kereta Api Eksekutif Harina jurusan Bandung-Semarang protes karena tidak kebagian tempat duduk. Nomor kursi yang tertera di tiket mereka ternyata sudah terisi penumpang lain yang juga memegang tiket.

Penumpang mendatangi kantor PT Kereta Api di Stasiun Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Jumat (28/10/2011) pukul 22.30. Mereka mempertanyakan kekacauan sistem penjualan tiket sehingga satu kursi diterbitkan untuk 1-3 calon penumpang sekaligus.

Beberapa penumpang menyatakan, kekacauan sudah terlihat sejak berangkat dari Stasiun Bandung. Beberapa kursi pun harus "diperebutkan" oleh 1-3 orang. Beberapa mengalah dan pindah ke kursi di gerbong lain.

Namun, tiga gerbong eksekutif dan dua gerbong bisnis telah terisi penuh saat tiba di Stasiun Cikampek. Tak ada alternatif tempat duduk lagi. Beberapa calon penumpang menolak membatalkan perjalanan karena alasan pekerjaan. Upaya meminta kompensasi dari petugas dan pejabat di stasiun setempat juga sia-sia karena tak ada solusi.

"Silakan membatalkan perjalanan jika berkenan, jika tidak, silakan berdiri atau silakan minta biaya pengganti," kata Radis, penanggung jawab perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com