Facebook Tambahkan 12 Aplikasi Media untuk Timeline

Kompas.com - 19/02/2012, 18:35 WIB

KOMPAS.com - Facebook telah merilis Timeline Apps dan Open Graph. Dengan Open Graph, pengguna Facebook akan bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, dan membagikannya kepada teman-teman di jejaring sosial tersebut.

Melengkapi hadirnya Timeline Apps, Facebook telah menambahkan 12 aplikasi media untuk mengisi kategori News di daftar aplikasi Timeline. Sebelumnya Facebook telah menyediakan aplikasi media dari The Washington Post, The Guardian UK, Yahoo, Rockmelt, dan Digg.

Kedua belas aplikasi media tersebut adalah Buzzfeed, CBS Local: Los Angeles and New York, CMT, The Daily Show, GetGlue, Huffington Post, Mashable, MSNBC.com, MTV News, Pixable, dan Sporting News.

Menurut Justin Osofsky, Facebook Director of Media Partnership, aplikasi media untuk timeline memang terbukti berhasil meningkatkan trafik pengunjung media tersebut. The Guardian misalnya, telah digunakan 5 juta orang sejak rilis di Timeline.

"Kami menunggu media lainnya membuat aplikasi untuk Timeline. Aplikasi untuk Timeline membawa jalan baru bagi media untuk terkoneksi dengan pembaca mereka dan untuk mendistribusikan konten dengan audiens baru," jelas Osofsky dalam wawancara dengan Cnet.

Konsep Aplikasi untuk Timeline

Untuk bisa mengakses aplikasi-aplikasi apa saja yang tersedia di Timeline Apps, pengguna Facebook bisa mengakses halaman berikut : http://www.facebook.com/about/timeline/apps. Di bagian bawah, pengguna bisa memilih aplikasi berdasarkan kategori seperti gambar dibawah ini :

timeline app
Setelah memilih kategori, maka pengguna bisa memilih aplikasi pilihannya. Misalnya setelah memilih kategori news, lalu klik aplikasi Washington Post Reader, maka tampilannya akan seperti ini :

Washington Post App
Pengguna bisa memilih apakah aktivitas menggunakan aplikasi ini hanya bisa dilihat oleh dirinya sendiri, atau bisa dilihat oleh teman. Pengaturannya sama dengan pengaturan privacy untuk posting ketika update status. Lalu klik "Go To App".

Setelah klik Go To App, maka apapun yang dibaca oleh pengguna dari aplikasi tersebut akan terkirim ke Timeline. Tampilannya sama dengan tampilan aplikasi game yang lebih dulu hadir di Timeline, seperti berikut :

tampilan app di timeline

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com