Google Akuisisi Zagat, Penyedia Review Restoran

Kompas.com - 09/09/2011, 15:32 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Google Inc tak berhenti melakukan ekspansi bisnis. Perusahaan pencarian nomor satu di dunia ini telah resmi mengakuisisi Zagat yang merupakan perusahaan jasa penyedia layanan rekomendasi restoran paling populer saat ini. Melalui aksi korporasi ini, pelanggan Google bisa menemukan diskon maupun review makanan di beberapa restoran.

"Yang jelas, pengguna Google akan dengan mudah menemukan hotel, restoran maupun klub malam melalui peta online dan layanan pencarian lewat mobile. Kami berusaha menyediakan lebih dari sekedar petunjuk dari apa yang diharapkan konsumen," kata Marissa Mayer, VP Local, Maps and Location Services Google.

Pengumuman ini datang setelah bulan lalu Google mengakuisisi Motorola senilai 12,5 miliar dollar AS. Sayang tidak disebutkan berapa nilai akuisisi kali ini. Beberapa kesepakatan yang sudah disetujui oleh regulator itu memungkinkan Google menempati posisi tersendiri di pasar smartphone berbasis Android.

"Secara kasat mata wajar jika banyak yang berpendapat Google akan sulit menyaingi Apple dalam mendesain produk. Setidaknya, secara jangka panjang Google bakal berhasil mengintegrasikan konten yang ada," kata Stifel Nicolaus seorang analis di Jordan Rohan.

Zagat didirikan oleh Tim dan Nina Zagat 32 tahun lalu. Perusahaan ini memberikan panduan dan rekomendasi restoran di lebih dari 100 kota di dunia. "Kami senang, perusahaan yang kami lahirkan jatuh di tangan yang tepat. Kami yakin Zagat akan semakin berkembang," tutur pemilik Zagat.

Informasi saja, pada 2009 Google pernah menaksir perusahaan sejenis yaitu Yelp. Saat itu harga yang disepakati mencapai 500 juta dollar AS. Sayang, kesepakatan tersebut dan akhirnya gagal dieksekusi.(Kontan/Dyah Megasari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com