Semester Satu, Laba Facebook 500 Juta Dollar AS

Kompas.com - 08/09/2011, 16:11 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Kinerja Facebook pada semester pertama tahun ini kinclong. Seorang sumber melaporkan bahwa pendapatan situs jejaring sosial nomor satu ini melonjak menjadi 1,6 miliar dollar AS.

Dengan pendapatan sebesar itu, Facebook berhasil mencetak laba bersih hampir mencapai 500 juta dollar AS. Catatan saja, berdasarkan dokumen yang dibeberkan Goldman Sachs, pendapatan Facebook pada sembilan bulan pertama 2010 hanya sebesar 1,2 juta dollar AS.

Sayangnya, sumber yang mengetahui kinerja keuangan Facebook itu tidak menjelaskan, faktor apa yang mendongkrak kinerja Facebook pada semester ini. Dia juga tidak mengungkapkan berapa kontribusi iklan dalam pendapatan situs buatan Mark Zuckerberg tersebut.

Yang jelas, pada kuartal keempat 2010 dan kuartal kedua tahun lalu, Facebook menaikkan tarif biaya iklan. Berdasarkan Efficient Frontier, agensi iklan Facebook, harga yang harus dibayarkan pengiklan untuk setiap klik iklan di Facebook naik 62 persen.

Namun, di sisi lain, Facebook juga memangkas harga barang-barang virtual dalam game online. Pemangkasan ini untuk meningkatkan popularitas game online seperti Farm Ville buatan Zynga.(Kontan/Edy Can)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com