Laba Google Tak Sekinclong Perkiraan

Kompas.com - 18/04/2011, 15:48 WIB

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Kinerja Google Inc tak sekinclong prediksi. Dalam situsnya dilaporkan bahwa laba bersih kuartal pertama Google naik 18 persen menjadi 2,3 miliar dollar AS atau 7,04 dollar AS per saham dari 1,96 miliar dollar AS atau 6,06 dollar AS per saham pada tahun sebelumnya. Laba di luar beberapa item adalah 8,08 dollar AS per saham. Angka tersebut di bawah estimasi analis yang mematok laba sebesar 8,12 dollar AS per saham.

Laba perusahaan mesin pencari ini berada di bawah prediksi analis setelah mengeluarkan beban operasional besar untuk merekrut karyawan dan pemasaran menyusul tingkat persaingan dengan Facebook Inc dan Apple Inc semakin sengit.

Seperti yang diketahui, Larry Page yang menjabat sebagai Chief Executive Officer pada minggu lalu banyak menyewa tempat untuk beriklan serta berupaya meningkatkan pasar mobile. Sebelumnya, pada Januari, Google mengumumkan rencananya untuk menambah sekitar 6.000 karyawan. Pada saat yang bersamaan, Page juga harus membela Google atas tudingan monopoli dalam industri mesin pencari di AS dan Eropa.

"Langkah Lary Page menunjukkan bahwa dia berencana mengembalikan Google ke mode investasi dan dia mengejar kesempatan besar," jelas Colin Gillis, analis BGC Partners LP di New York, menanggapi laporan keuangan Google yang dirilis pada Kamis (14/4/2011) lalu.

Catatan saja, menjelang penutupan pasar kemarin, saham Google sempat turun 30,21 dollar AS ke level 548,30 dollar AS. Namun, akhirnya saham Google ditutup melonjak 2,23 dollar AS menjadi 578,51 dollar AS pada pukul 16.00 waktu New York. Sepanjang tahun ini, saham Google sudah melorot 2,6 persen. (Kontan/Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com