Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah "Portable" Dibangun Hanya Satu Hari

Kompas.com - 06/02/2015, 12:57 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS. com - Untuk membangun suatu rumah, biasanya dibutuhkan waktu berbulan-bulan. Bahkan ada pula rumah yang memakan waktu hingga hitungan tahun. Tentu saja, hal tersebut disebabkan beberapa faktor, mulai dari cuaca, material yang digunakan, biaya, hingga ukuran rumah.

Kini teknik prefabrikasi mementahkan anggapan tersebut. Rumah tidak perlu lagi dibangun dalam waktu lama.

Perusahaan konstruksi Smart Highway dan Van Gogh Bicycle Path telah membuat rumah modular pintar untuk profesional muda, hanya dalam waktu satu hari pada Desember 2014.

Rumah yang dinamakan Heijmans ONE ini terletak di Zeeburgereiland, Ijdijk, Amsterdam, Belanda. Sang arsitek, Tim van der Grinter, membangun rumah ini dengan ukuran luas 45 meter persegi.

Seperti rumah kebanyakan, Heijmans ONE memiliki ruangan-ruangan yang lengkap, yaitu dapur, kamar mandi, ruang keluarga, kamar tidur, dan bahkan sebuah teras yang cantik.

Strukturnya terdiri dari dua lantai. Lantai dasar diisi oleh dapur, ruang keluarga dan kamar mandi. Sementara di lantai dua terdapat kamar tidur yang tidak hanya diisi oleh kasur, namun juga meja, kursi, laci, dan lemari pakaian.

Rumah yang bahkan bisa dipindahkan (portable) dan dibangun ulang (knock down) ini, juga memberikan kehidupan bagi orang-orang yang tidak memiliki cukup dana membangun rumah konvensional. Harga sewanya 700-800 euro atau sekitar Rp 10 juta hingga Rp 11,5 juta per bulan.

Menariknya, Heijmans ONE tidak memiliki plafon. Dengan demikian, rumah terasa lebih luas. Saat pertama memasuki rumah tersebut, Anda akan menemukan ruang keluarga yang juga berfungsi sebagai ruang tamu.

Sementara di sisi lain lantai dasar, di sanalah dapur berada. Seluruh ruang dimanfaatkan dengan maksimal, seperti di bawah tangga, juga dijadikan sebagai lemari penyimpanan. Rencananya, Heijmans akan meresmikan 30 rumah serupa tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com