Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Le Nouvel Ardmore, Inilah Apartemen Mengapung di Udara...

Kompas.com - 09/07/2011, 06:12 WIB

KOMPAS.com — Sebuah apartemen baru bernama The Le Nouvel Ardmore, karya Jean Nouvel, arsitek ternama dunia dan pemenang The Pritzker Architecture Prize 2008 dan Wolf Prize in Arts 2005, hadir di Singapura. Nouvel merancang apartemen ini dengan konsep bungalo yang mengapung di udara (elevated bungalow).

Konsep ini memperbolehkan setiap gedung, dengan orientasinya masing-masing, membentuk logika sama tentang sebuah ruang privasi baik di langit maupun bungalo di atas tanah. Rancangan Le Nouvel Ardmore ini terinspirasi oleh the Rubik’s cube, yang memaksimalkan kualitas dan pemandangan dari ruang dalam modular pada dinding depan bergerak yang berasal dari cahaya dan transparansi menggunakan kaca dan pintu otomatis untuk menciptakan benturan-benturan arah, tekstur, cahaya, dan teknik-teknik tak lazim.

Bagian depan gedung juga cukup unik karena pergantian transparansi dan cahaya, lewat kisi-kisi dan layar-layar otomatis yang menciptakan simfoni dari variasi tak berbatas sepanjang hari. Pergantian cahaya ini menguntungkan penghuni dalam menentukan obyek pemandangan dan mengatur cahaya masuk ke dalam tempat tinggal mereka.

Pada tampak luarnya, bangunan gedung apartemen memakai konsep warna putih bersih dan monokromatik yang menjulang tinggi ke langit. Untuk memberi sentuhan kenikmatan sebagai sebuah hunian, penambahan nuansa hijau yang melimpah tak luput diletakkan dengan menghadirkan elemen alami hijau di sekitar ruang.

Tinggal di apartemen luas ini, para penghuni akan menikmati pemandangan hijau, juga udara segar, serta tiupan angin sembari menikmati keindahan langit kota. Kenikmatan itu bisa terwujud sempurna, terutama dari The Observatoire, yang terletak di lantai 26 dan 27.

Sesuai reputasinya, The Le Nouvel Ardmore memberikan definisi baru the New Ardmore kepada kawasan elite dengan membawa gaya dan kehidupan baru. Ini sekaligus menegaskan sebagai bentuk apresiasi terhadap arsitektur monolitik yang diekspresikan secara murni dan sederhana oleh Jean Nouvel, seorang arsitek penganut gaya arsitektur modern.

Adapun apartemen yang dikembangkan oleh pengembang Singapura Wing Tai Holdings Limited ini terletak di Ardmore Road, Singapura, salah satu kawasan utama kondominium dengan kepemilikan mutlak di Asia. Apartemen satu tower dengan kepemilikan mutlak ini terdiri dari 43 tempat tinggal eksklusif dengan luas 3.800 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com