Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Bangun Jalan Baru di Serpong

Kompas.com - 03/06/2011, 20:59 WIB

 oleh Robert Adhi Ksp

Serpong kini menjadi kawasan properti yang paling "hot" di Jabodetabek. Dalam kurun 12 bulan ke depan, ada tiga pusat perbelanjaan dan hiburan (mal) baru, juga empat hotel berbintang baru beroperasi di Serpong. Mari kita bedah satu persatu.

Pengembang PT Summarecon Agung sedang menyelesaikan Summarecon Mal Serpong (SMS) tahap kedua, menyusul suksesnya SMS I. Mal ini dijadwalkan beroperasi 27 Oktober 2011. Luas SMS II ini 60.000 meter persegi, belum termasuk luas gedung parkir. Kalau digabungkan SMS I dan II, luas totalnya adalah 110.000 meter persegi. Dan jika termasuk gedung parkir, luas totalnya 193.000 meter persegi. Kapasitas gedung parkir di SMS akan menjadi 4.000 mobil.

Soegianto Nagaria, putra Pak Soetjipto Nagaria, pendiri Summarecon Agung, yang aktif dalam urusan sewa-menyewa mal, mengatakan pengalaman Summarecon Agung yang sukses mengelola Mal Kelapa Gading I, II, III, V membuat pengembang itu lebih mudah mengelola SMS I. Ruang tersewa di SMS I sudah tersewa 100 persen, sedangkan ruang tersewa di SMS II sampai April 2011 sudah 70 persen. Artinya jika digabung, ruang tersewa total sudah 85 persen. Beberapa penyewa utama SMS II adalah Centro Department Store, Do It Best Pongs Home Center, dan Eat and Eat Food Market.

Lalu kita lihat Alam Sutera. Pengembang ini juga sedang menyelesaikan pembangunan Mall @ Alam Sutera di tpi Jalan Tol Jakarta-Tangerang di Km 15. Mall @ Alam Sutera dijadwalkan beroperasi April 2012 mendatang. Mal ini dibangun di atas lahan seluas 7,8 hektar dengan total leasable area sekitar 68.000 m2. Mall setinggi 5 lantai ini terdiri dari 2 lantai untuk area parkir dengan kapasitas 2500 lot parkir, dan 3 lantai untuk area ritel.

Budi Iwantoro, CEO Mall @ Alam Sutera menyebnutkan, tingkat okupansi mal sampai awal Juni 2011 telah mencapai 90 persen, dengan anchor tenant seperti Sogo Department Store, The Food Hall, Funworld, Mango Farm, Gramedia, Cinema XXI, Chipmunks Playland & Cafe, Electronic Solution, dan Home Solution. Sebelumnya, di Alam Sutera sudah beroperasi Living World milik Grup Kawan Lama. Mal yang dibangun di tengah permukiman Alam Sutera ini menampilkan gerai Ace Hardware dan Index, serta puluhan gerai food and beverage.

Selain itu, di Alam Sutera juga sudah dibangun pusat makanan Flavour Bliss, di mana Bandar Djakarta menjadi pelopornya. Kini sudah ada Starbucks Coffee, Red Bean, Sari Sanjaya, dan banyak tempat makanan yang asyik lainnya.

Pengembang Sinar Mas Land sedang merancang lifestyle mall yang dinamakan The Breeze dengan area tersewa 24.300 m2 dan luas lantai seluruhnya 53.000 m2. CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja, yang juga cucu taipan Eka Tjipta Widjaja mengatakan, mal yang berkonsep entertainment dan leisure ini dijadwalkan beroperasi pertengahan tahun 2012. Sebagian besar (45 persen) area mal untuk food and beverage, selebihnya 55 persen untuk supermarket, pusat kebugaran, pusat gadget, kecantikan, dan sinema. Hero Supermarket kelas Premium akan menempati lokasi seluas 3.000 m2.

Yang menarik dari The Breeze adalah ini akan menjadi mal pertama yang memiliki suasana alam terbuka dengan danau seluas 3 hektar dan panorama tepi Sungai Cisadane. Semua kafe akan menghadap danau dan sungai. Kelebihan lanskap inilah yang menjadi keunggulan The Breeze. Michael, generasi ketiga keluarga Eka Tjipa Widjaja, tampaknya memberi jawaban atas pertanyaan yang selama ini mengemuka: mengapa BSD belum juga membangun mal yang sesuai kebutuhan warga BSD. Dan The Breeze adalah jawaban yang paling pas.

Serpong, yang kini masuk wilayah Kota Tangerang Selatan, menjadi pusat pertumbuhan baru. Empat pengembang besar yang membangun di Serpong, BSD, Summarecon, Paramount, dan Alam Sutera setiap tahun menangguk laba berlipat ganda atas penjualan rumah-rumah menengah atas. Pengembang ini pun ramai-ramai membangun berbagai fasilitas pelengkap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com