Honda Indonesia Lagi Siapkan Sepeda Motor Trail?

Kompas.com - 07/01/2016, 12:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Isu baru mulai berhembus. Kawasaki yang selama ini bermain sendiri di segmen trail harus bersiap punya pesaing. Hal itu mungkin terjadi setelah Honda dikabarkan siap memproduksi dan memasarkan model penggaruk tanah, mulai tahun ini.

Sumber KompasOtomotif di kalangan pecinta modifikasi sepeda motor memaparkan bahwa tanda-tandanya sudah ada saat PT Astra Honda Motor (AHM) mempersiapkan jalur produksinya dengan memesan komponen-komponen pendukung kepada para pemasok.

”Teman saya mendapat project dari Honda, pesanan baut-baut, untuk model CRF. Tapi saya belum yakin, itu untuk CRF150 atau CRF250. Pastinya untuk tahun ini,” ujar sumber kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Menariknya lagi, sang sumber bahkan sudah mengetahui rencana produksi AHM di segmen ini, yakni mencapai 3.000 unit per bulan. ”Wajar sih, secara penggemar trail sudah banyak yang pakai CRF. Apalagi Kawasaki main sendiri,” imbuh sumber.

Sebelumnya, dalam sebuah kesempatan peluncuran produk akhir 2015, Direktur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya sempat mengatakan bahwa untuk saat ini AHM masih fokus menggarap segmen yang ada saat ini. Namun, dirinya juga menyatakan bahwa jika memang ada permintaan, AHM siap mempertimbangkan segmen baru, termasuk trail.

Saat ini, ”geng hijau” benar-benar berjaya di segmen ini. Model KLX 150 Series dalam data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualannya bisa mencapai lebih dari 50.000 unit setahun. Ini belum ditambah dengan model KLX250 series yang mencapai 1.000-an unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com