Honda Geser Dominasi Toyota di Bandung

Kompas.com - 14/09/2015, 10:19 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


Bandung, KompasOtomotif - Pertama kalinya dalam sejarah, penjulan mobil Honda mampu menggeser dominasi Toyota yang selama ini sulit ditandingi. Itu terjadi pada penjualan Agustus lalu di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Ini di luar dugaan kami. Pertama kalinya sejak Honda ada di Indonesia, berhasil menduduki peringkat pertama baik untuk setingkat kota/kabupaten atau setingkat nasional,” ujar Manajer Operasional Honda Bandung Center (HBC), diler utama Honda di Jabar dan Banten, Junianto Naibaho kepada KompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Junianto menjelaskan, berdasarkan data registrasi polisi, market share Honda di Kota/Kabupaten Bandung Agustus ini mencapai 25,5 persen. Jumlah ini melebihi market share Toyota di angka 24,3 persen. Jika dihitung dari jumlah unit, mobil yang terjual di Bandung pada Agustus 2015 sebesar 1.172 unit atau menjadi sumbangsih terbesar dari penjualan di Jabar yang mencapai 1.975 unit.

Kontribusi terbesar, sambung Junianto, tetap dari empat pilar Honda. Yakni Mobilio, Brio Satya, HRV, dan Jazz. Dari empat pilar tersebut, Mobilio memberikan andil terbesar. “Penjualan Mobilio kami di Bandung pada bulan Agustus 2015 lebih satu unit dibanding Toyota,” imbuh Junianto.

Dengan perolehan ini, target market share Honda tahun 2015 di Jabar dan Banten sebesar 15 persen diprediksi akan tercapai. Sebab, pangsa pasar Jabar-Banten pada Januari-Juli saja ada di poisisi 14,9 persen. “Pasar mobil di Jabar selama Januari-Juli memang turun 8 persen. Namun meski market turun, Honda berhasil tumbuh di angka yang sama. Itu artinya terjadi pergeseran pembelian,” ucapnya.

Junianto mengaku, program-program yang dikeluarkan Honda menjadi salah satu alasan pertumbuhan penjualan. Seperti di Juli, HBC mengeluarkan program Mudik Piih Honda (Mulih), lalu di Agustus mengeluarkan ‘Merah Darahku, Putih Tulangku, Honda Mobilku. Dan memasuki September ini, pihaknya mengeluarkan program ‘September Happy’ yang berarti Honda Atuh Pilihan Paling Yahud.

“Kami sengaja menggunakan kata sunda dalam program kami, untuk makin mendekatkan Honda pada konsumennya,” imbuhnya.

Dalam program ini, Honda menawarkan DP Mobilio Rp15 juta, Brio Rp21 juta, Jazz Rp29 juta. Atau free cicilan untuk Moilio selama 4 bulan, Jazz 2 bulan, dan Brio 2 bulan. Selain itu Honda memberi kemudahan cicilan hingga 7 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com