Yamaha Laris Manis di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 13/07/2015, 14:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Banyak orang membeli sepeda motor baru jelang Lebaran menjadi ”hukum penjualan” setiap tahun dan dirasakan berbagai merek. Yamaha misalnya, berhasil mendongkrak penjualan hingga 27 persen hingga akhir Juni 2015 dibandingkan Mei.

Berdasarkan data internal PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), total 191.965 unit sepeda motor terjual secara retail. Bandingkan dengan Mei yang ”hanya” 150.745 unit. Diakui Asisten GM Pemasaran YIMM Mohammad Masykur, hal ini tak lepas dari efek Ramadhan-Idul Fitri.

”Fenomena ini rutin menjelang Lebaran. Biasanya kenaikan penjualan mencapai 20 persen. Tahun ini lebih banyak kenaikannya karena dibantu model-model baru yang sudah meluncur pada semester pertama 2015,” terang Masykur, kepada KompasOtomotif, Senin (13/7/2015).

Tahun ini Yamaha Indonesia memborbardir produk baru pada semester pertama. Sebut saja mulai dari MT-25, NMAX, NMAX Non-ABS, Byson injeksi, Grand Filano, V-ixion terbaru, MX King, Jupiter MX, All-New Soul GT, R25 ABS, WR250R, dan beberapa model dengan stiker baru.

Masykur mengatakan, banyak pihak mencibir dengan gelontoran produk baru yang tiada henti mengisi ruang berita media setiap bulan. Namun hal itu menjadi salah satu strategi persiapan diri jelang perbaikan ekonomi.

”Banyak yang bilang peluncuran model baru di saat pasar lesu tidak tepat. Tapi bagi kami ini adalah strategi, dan masing-masing pihak punya strategi. Buktinya, kami berhasil menaikkan penjualan,: ujar Masykur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com