Setelah Yamaha, Gantian Honda Jadi ”Tumbal” Ohlins

Kompas.com - 23/04/2015, 14:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Tokyo, KompasOtomotif – Dampak akibat kesalahan perakitan suspensi Ohlins jenis tertentu merembet semakin luas. Setelah beberapa hari lalu Yamaha menarik kembali sejumlah YZF-R1M yang beredar di Kanada dan Australia, kini giliran Honda yang harus kena getahnya.

Diumukan badan yang berwenang soal recall di Jepang dan Australia, Honda harus melakukan perbaikan terkait masalah yang pada suspensi Ohlins untuk model CBR1000RR SP.

Dipastikan akan ada banyak lagi model yang terdampak, akibat kesalahan perakitan oleh Olihs pada tipe TTX GP, TTX RT, dan TTX36 MKII.

Model lain yang menggunakan komponen ini dan belum mengumumkan adanya masalah suspensi adalah termasuk Ducati 1199 Panigale R, Ducati 1299 Panigale S, Aprilia RSV4 RF, Aprilia Tuono V4 1100 Factory, dan MV Agusta F4 R, RR, serta RC.

Permasalahannya, seperti yang dijelaskan oleh Australian Competition dan Consumer Commission and Japan’s Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism, suspensi belakang tidak dirakit secara benar.

Baut piston dikencangkan dulu sebelum piston menempel sempurna dengan komponen lain. Ini membuat baut akan mudah kendor, yang menyebabkan pengendalian pada suspensi tidak bekerja sempurna, sehingga berpotensi menimbulkan celaka

Di Australia, tidak disebut secara spesifik soal model yang ditarik. Namun di Jepang, disebut CBR1000RR SP produksi 30 Januari 2014 hingga 16 Maret 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com