Hyundai Indonesia Tertarik Hadirkan Pesaing Nissan Juke

Kompas.com - 24/04/2014, 18:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Tren dunia yang mengarah ke mobil jenis SUV kompak diikuti Hyundai. Hal  tersebut dibuktikan dengan menghadirkan konsep ix25 di Beijing Auto Show, 21-29 April 2014, sebagai jawaban atas berkembangnya segmen yang menyasar negara-negara berkembang itu. China akan menjadi yang pertama memasarkannya, dan kemungkinan akan diikuti sejumlah negara.

Menyikapi perkembangan baru ini, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) menyatakan ketertarikan untuk memboyong ix25. Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno mengatakan bahwa model ini bisa menjadi alternatif untuk dipasarkan dan diproyeksi sebagai volume maker. ”Ya, kami tertarik. Tentu jika memungkinkan akan dijual,” katanya.

Meski demikian, Mukiat mengaku, HMI belum mendapatkan detail dari produk yang akan bersaing dengan Nissan Juke dan Ford EcoSport itu. Untuk sementara, kemungkinan ix25 masuk Tanah Air akan dipelajari. Andai benar masuk, dia berjanji tidak akan bermain-main dengan spesifikasi.

”Orang Indonesia sudah well educated tentang kualitas dan keamanan. Kami tidak akan memainkan strategi harga dengan mengurangi spesifikasi atau menurunkan kualitas. Kami akan terus melihat spesifikasi yang ditawarkan, dan kemungkinannya dipasarkan di Indonesia,” ujar Mukiat.

Kapan? Pemegang sabuk hitam karate itu tidak bisa memperkirakannya secara detail. Namun jika menilik pernyataan dari President Hyundai China Operation Choi Sung-Kee, ix25 akan dijual tahun ini juga. Berarti, untuk dipasarkan di negara lain, minimal menunggu hingga tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com