Kawasaki Bantah Kembali ke MotoGP

Kompas.com - 05/04/2014, 17:38 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Amsterdam, KompasOtomotif - Rumor yang mengatakan Kawasaki Motors Racing akan kembali ke MotoGP sebagai pabrikan ternyata tidak benar. Pabrikan asal Jepang yang kini fokus mengarungi Superbike World Championship (WSBK), bersama pebalap andalan Tom Skyes ini, mengatakan, tidak ada rencana jangka panjang untuk berkompetisi lagi di MotoGP setelah absen sejak 2009.

Guim Roda, Manajer tim Kawasaki Provek WSBK, mengungkapkan, saat ini pengembangan strategi masa depan hanya diberikan untuk Skyes. WSBK dianggap lebih masuk akal dibanding MotoGP. Hanya butuh 4-5 juta dollar untuk menang di kompetisi sepeda motor produksi massal. Tapi di MotoGP, perlu menghabiskan dana hingga 45 juta dollar hanya untuk finish di posisi ketujuh.

“Buat Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki mungkin bisa diterima. Kawasaki, KTM, dan BMW tentu memiliki strategi yang berbeda. Kawasaki di WSBK punya paket lebih baik, membuat kami lebih dekat dengan apa yang kami jual,” ujar Roda, seperti dilansir Speedweek, (2/4/2014).

Roda menambahkan, pengembangan sepeda motor sport ZX-10R pada 2016 membawa semua pelajaran yang diambil di WSBK. “Kawasaki di WSBK karena mereka ingin menjual sepeda motor,” tegas Roda.

Febri Ardani Pebalap juara World Superbike 2013, Thomas Edward Skyes, berpose di Kawasaki Z1000, saat peluncuran di Suncity, Jakarta, Jumat (28/2/2014).

Peluang
Meski demikian, Kawasaki tidak akan berusaha menghalangi bila ada tim MotoGP kepincut Tom Skyes. Kemajuan yang didapat telah dilakukan bersama-sama, namun Roda menegaskan daya gedor Kawasaki tidak hanya terikat pada pebalap.

“Jika dia mendapatkan kesempatan pergi untuk ‘naik level’ karena dipinang tim MotoGP, kita harus melihatnya sebagai masa depan dan berbahagia untuk dia. Namun di Kawasaki, tidak ada rencana untuk kembali ke MotoGP,” tegas Roda.

Sementara Skyes mengatakan, “Jika saya dinilai baik dan tim MotoGP melakukan penawaran, tentu saja saya akan berpikir kuat tentang hal itu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com