Yamaha Siap Produksi Mobil Tahun Depan

Kompas.com - 24/12/2013, 10:23 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Iwata, KompasOtomotif — Yamaha mempercepat rencana produksi kendaraan roda empat, dari semula ditargetkan pada 2020, menjadi tahun depan! Hal ini ditegaskan oleh Presiden dan CEO Yamaha Motor Co, Hiroyuki Yanagi, dalam wawancara dengan media Jepang pada akhir pekan lalu. Juni 2014 ditetapkan sebagai masa produksi, dan peluncuran dijadwalkan pada bulan November.

"Kami ingin lebih cepat karena produksi bisa fleksibel tanpa didasari investasi yang besar. Untuk awal, angka produksi mungkin kecil," ujar Yanagi. Lokasi produksi, detail produk, dan harga, lanjut Yanagi, akan diumumkan segera pada tahun depan. Mobil-mobil yang disiapkan bakal sangat kompetitif dari segi harga.

Model pertama yang dirilis adalah mobil dua penumpang dengan kapasitas mesin 1.000 cc berbahan bakar bensin. Kendaraan elektrik kecil akan diluncurkan pada 2020.

Kecurigaan KompasOtomotif tertuju pada Yamaha Motiv, mobil dua penumpang yang sudah dipamerkan di Tokyo Motor Show pada bulan lalu. Mobil ini adalah hasil kerja sama dengan Gordon Murray Design dalam hal estetika bentuk.

Pengalaman
Jika ditelusuri lebih jauh, maka sebenarnya perusahaan berlogo garpu tala itu sudah berpengalaman dalam membuat mesin mobil. Mereka pernah memasok mesin untuk Toyota 2000GT pada 1967-1970, salah satu sportscar yang menjadi ikon bagi Jepang. Dari situ, Yamaha kembali mengembangkan mesin empat silinder Toyota Celica, lalu mesin 3.000 cc V6 milik Ford Taurus SHO, mesin V8 untuk Lexus LFA, hingga banyak lagi pada mobil Volvo.

Kendati demikian, Yanagi tetap realistis bahwa tantangan terberat sekarang adalah pemasaran dengan mencari metode penjualan yang tepat. Langkah awalnya dengan memanfaatkan jaringan sepeda motor. Satu hal yang pasti, tidak ada kata kerja sama dengan produsen mobil lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com