Jangan Salah Pilih Mobil Matic

Kompas.com - 27/05/2013, 05:55 WIB
Hermas Effendi Prabowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apa yang pertama kali terpikirkan saat Anda akan membeli mobil bertransmisi otomatis (automatic transmission/AT)?.

Apakah karena penampilannya, merek mobilnya, tipenya atau kapasitas mesinnya? Pernahkah berpikir soal kenyamanan berkendara?

Kenyamanan yang seperti apa? Teknologi transmisi matic pada mobil berkembang begitu pesat. Masing-masing produsen mobil menawarkan mobil matic-nya dengan pilihan mode yang kian beragam, spesifik dan tak jarang membuat bingung konsumen.

Tetapi tidak perlu khawatir, dan nggak usah bingung juga. Berikut ini akan dibahas seputar cara yang tepat membeli mobil matic agar tidak salah pilih.

Produsen mobil boleh saja menawarkan pilihan beragam keunggulan mobil mereka, tetapi hanya kita sendiri yang tahu, mobil matic dan spesifikasi yang seperti apa yang benar-benar kita butuhkan.

Salah pilih mobil matic membuat kita boros membelanjakan uang. Salah beli mobil matic membuat hati kecewa dan tidak akan nyaman saat mengemudikannya.

Dua "aliran" Apapun merek mobil matic yang ada di pasaran sekarang, hingga saat ini setidaknya ada tiga basis transmisi otomatis.

Pertama, transmisi otomatis berbasis kecepatan bertingkat (produsen transmisi otomatis JATCO menyebutnya dengan Step AT);

Kedua, transmisi otomatis berbasis CVT (Continuously Variable Transmission); dan ketiga transmisi otomatis yang dirancang khusus untuk mobil Hybrid.

Tulisan kali ini, akan fokus membahas dua "aliran" transmisi otomatis, yaitu Step AT dan CVT. Sekalipun dalam perkembangannya pada masing-masing aliran memiliki variannya sendiri.

Misalnya untuk Step AT ada tambahan OD (overdrive), ECT (Electronic Control Transmission), mode sport/power, DCT (Dual-Clutch Transmission) atau transmisi dengan kopling ganda, juga Tiptronic.

Begitu pula dengan tingkat kecepatannya, dari yang sekarang umumnya 4 kecepatan (4 speed) atau 5 speed, sampai yang tercanggih 9 speed (9HP) yang dikembangkan produsen transmisi matic ZF Friedrichshafen AG. Aliran CVT juga memiliki variannya seperti X-Tronic, Tiptronic. Juga tambahan mode sport, dan lainnya.

Yang jelas teknologi matic pada kedua mashab itu terus berkembang, bersaing satu dengan yang lainnya. Agar tidak salah pilih, menjajal mobil (test drive) sebelum membeli sangat dianjurkan.

Karena pilihannya mutlak bergantung pada pribadi Anda. Berbeda Ada perbedaan yang sangat mendasar pada kedua basis jenis transmisi otomatis tersebut.

Untuk Step AT, misalnya saja dengan 4 speed, biasanya ada simbol P.R.N.D.2.L. Serta tambahan D-3 (overdrive/OD) atau tombol OD di tuas transmisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com