Di Saudi, Duit Bisa Berantas Buta Huruf

Kompas.com - 08/01/2013, 16:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Arab Saudi serius memberi perhatian pada pendidikan rakyatnya. Makanya, tak segan-segan, pemerintah negeri itu  menggelontorkan banyak duit untuk membikin rakyatnya makin pintar.

Koran Al Eqtisadiya pada Selasa (8/1/2013), menulis, sejak sepuluh tahun silam, Arab Saudi sudah mengeluarkan dana hingga 322 miliar dollar AS untuk pendidikan. Fulus sebanyak itu ada di pos-pos pendidikan universitas, pelatihan kejuruan, dan pembangunan kampus-kampus di berbagai kota.

Media massa itu juga menunjukkan kalau 48 persen dana pendidikan itu dipakai untuk pendanaan bagi sekolah-sekolah, khususnya sekolah swasta. Pada 2011, jumlah sekolah umum di Arab Saudi mencapai 20.600.

Lalu, sampai dengan akhir 2012, pemerintah juga membangun 750 sekolah baru. Data ini berasal dari Kementerian Pendidikan Arab Saudi. "Anggaran pendidikan untuk 2013 besarnya 54 miliar dollar AS,"kata pernyataan kementerian itu.

Sementara itu, catatan dari Harian Okaz menunjukkan kalau dana pendidikan melimpah itu sukses memberantas buta huruf. Pada 2007, angka buta huruf di Arab Saudi 60 persen dari total penduduk yang jumlahnya sekitar 27 jutaan. Lalu, lima tahun berikutnya, mereka yang belum melek huruf tinggal empat persennya.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com