"Pelayanan di Puskesmas Harus Senyum, seperti Jokowi"

Kompas.com - 12/11/2012, 14:53 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Seiring dengan banyaknya warga yang sudah memegang Kartu Jakarta Sehat, seorang Ketua RT di Marunda berharap pelayanan puskesmas pun bagus. Setidaknya, tersenyum seperti Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang memang dikenal sebagai sosok yang murah senyum.

Ketua RT bernama Tarwin itu mengutarakan harapan tersebut langsung kepada Jokowi saat dialog dengan warga di Kampung Sungai Tirem, Marunda, Jakarta Utara, Senin (12/11/2012).

"Tolong bagi puskesmas berikan pelayanan seperti Pak Gubernur, yang selalu senyum. Kalau ada yang seperti warga yang kurang mampu, tolong ya di puskesmas layanin dengan senyumlah," kata Tarwin.

Jokowi yang mendengar itu pun tersenyum. Dia mengatakan, jika pelayanan di puskesmas tidak baik atau kurang memuaskan, warga bisa mengadukan langsung kepadanya.

"Bapak, Ibu, kalau bawa kartu ini ke puskesmas berobat, kalau sakitnya lebih parah lagi, dibawa ke rumah sakit. Ini juga bisa untuk di rumah sakit. Kalau tidak dilayani dengan baik, sampaikan, bilang, nanti tak laporin Gubernur," ujar Jokowi.

"Bapak, Ibu, pakai kartu ini itu sebenarnya enggak gratis, bayar. Tapi yang bayar itu Pemda DKI. Jadi perlu dijelaskan dan semua akan diperbaiki," Jokowi menjelaskan kepada warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Dien Emmawati menjelaskan kepada warga setempat bahwa kartu itu bisa digunakan warga Marunda yang sudah menerimanya di puskesmas dan rumah sakit terdekat.

"Bisa dirujuk di 88 rumah sakit yang dekat dari Marunda; silakan di rumah sakit Koja. Kalau ada informasi hal-hal yang perlu ditanyakan, silakan berkoordinasi dengan puskesmas kelurahan masing-masing," ujar Dien.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Komentar
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com