Bersikap Ramah, Kunci Berteman dengan "International Student"

Kompas.com - 10/07/2012, 14:47 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

KOMPAS.com - Di awal belajar di luar negeri umumnya mahasiswa memiliki kendala budaya, baik dalam hal berpakaian, lingkungan, maupan bahasa. Perbedaan inilah yang kerap membuat pelajar di luar negeri sulit bergaul dan beradaptasi dengan masyarakat sekitar.

Vanessa Arninda Sihite, mahasiswa jurusan S-1 bidang studi Internasional Management di Asia Pasific Management, Ritsumeikan Asia Pasific University (APU), Beppu, Jepang, menuturkan pengalamannya membangun pergaulan dengan teman-teman baru, khususnya mahasiswa asing (internasional).

Bersikap ramah

Vanessa mengisahkan, biasanya mahasiswa internasional di APU pada tahun pertama akan tinggal di asrama yang bernama Asia Pasific (AP) House. Di AP House, mahasiswa akan tinggal bersama pelajar lain dari berbagai macam negara dengan kebiasaan mereka yang berbeda-beda.

"Kita harus bisa menciptakan keramahan dari diri kita sendiri. Bersikap ramah kepada semua orang dengan langkah awal tersenyum atau menyapa setiap kali bertemu orang lain," ujar Vanessa.

Jangan andalkan persepsi

Jika sebelumnya kita beranggapan, bahwa kebiasaan terlambat merupakan cerminan orang-orang Indonesia, justeru menurut Vanessa tidak. Ia menganjurkan, agar kita jangan pernah berpedoman pada persepsi pribadi tentang orang dari negara yang berbeda-beda.

Di Jepang, kata Vanessa, tidak semua orang dapat on time dalam menepati janji. Bahkan, kadang mereka tidak merasa bersalah ketika terlambat datang ke suatu acara. Ia merasa, hal-hal yang ditemuinya di Jepang tidak seperti bayangan dan persepsinya mengenai budaya dan kebiasaan bangsa Jepang dan bangsa lain.

Perbedaan bukan jurang

Mahasiswa/mahasiswi yang belajar di Ritsumeikan Asia Pasific University berasal dari bermacam-macam negara. Mereka juga lahir dari latar belakang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari cara berpakaian, kehidupan sehari-hari, maupun makanan.

Vanessa mengisahkan, musim dingin 2011 merupakan musim dingin pertama kali yang dialami dirinya. Ia mengira akan melihat masyarakat Jepang menggunakan baju tebal dan rapat untuk menghangatkan.

Ternyata perkiraan Vanes salah, gadis remaja di Jepang lebih memilih merasakan udara yang dingin, tetapi fashionable dibanding menghangatkan badannya dengan baju yang tebal dan bertumpuk. Tetapi, itu bukan berarti harus diikuti. Karena harus dicamkan, bahwa perbedaan bukan merupakan jurang yang dalam untuk menciptakan pergaulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Komentar
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com