Foke Dapat Dana Bantuan Jamsostek Rp 400 Juta?

Kompas.com - 31/05/2012, 09:26 WIB
Suhartono

Penulis

 

Catatan Redaksi:

Berita ini sudah ditanggapi oleh Humas DKI Jakarta dan juga Media Center pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli. Berita tanggapan bisa dibaca di sini.

 

JAKARTA, KOMPAS.com- Koordinator Pemantau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau BPJS Watch Indra Munaswar menduga kemungkinannya calon Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke mendapat dana bantuan dari PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) senilai Rp 400 juta.

"Dana tersebut untuk pemberian bea siswa bagi pelajar dari etnis tertentu yang nilainya disebut-sebut sebesar 400 juta rupiah pada tanggal 25 Mei 2012," ujar Indra dalam siaran pers, yang dikirim ke Kompas, Rabu (30/5/2012) malam.

Menurut Indra, penyerahan dana bantuan tersebut melibatkan Gubernur Fauzi Bowo yang juga adalah calon Gubernur DKI Jakarta, serta Wali Kota Jakarta Pusat, Saefullah. Namun, Indra tak merinci di mana lokasi penyerahan dana bantuan tersebut serta untuk bea siswa apa dan berapa jumlahnya serta etnis mana yang dimaksud mendapat dana bantuan dari uang para pekerja Indonesia itu.

Temuan BPJS Watch itu juga diperkuat oleh temuan-temuan investigator BPJS Watch lainnya Andriko Otang. Menurut Otang, selain bantuan dana ke Foke, Jamsostek juga ikut-ikutan membiayai konsumsi untuk kegiatan rapat dan kunjungan kerja anggota DPR yang nilainya Rp 5 juta atau lebih untuk setiap pertemuan yang melibatkan Jamsostek.

"Bahkan, Jamsostek juga membiayai kegiatan pertemuan organisasi seperti Perkumpulan Senior GMKI yang diketuai oleh mantan Komisaris Jamsostek Rekson Silaban dengan nilai sebesar 50 juta rupiah," lanjutnya.Sebelumnya, kata Andriko, dana sebesar Rp 4,1 miliar juga digelontorkan oleh PT. Jamsostek untuk bantuan pendidikan yang juga melibatkan Walikota Jakarta Pusat Saefullah pada tanggal 10 mei 2012.

Andriko menyatakan, pengeluaran dana oleh PT. Jamsostek untuk pembiayaan sejumlah kegiatan tersebut sebenarnya tidak memiliki relevansi dengan fungsi penyelenggaraan jaminan sosial serta tidak memiliki keterkaitan langsung dengan tujuan peningkatan kesejahteraan peserta program jamsostek sendiri. Benarkah dana-dana Jamsostek digunakan untuk Foke, Rekson dan jamuan anggota DPR?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com