Bayi Lahir dengan Jantung di Luar

Kompas.com - 26/02/2012, 04:20 WIB

SURABAYA, Kompas.com - RSUD Dr Sutomo Surabaya, Sabtu (25/2/2012), menerima kasus kelainan bayi yang memiliki jantung di luar tubuh atau Pentalogy of Cantrel. Bayi yang baru berusia 15 hari itu memiliki berat 2,85 kg dan panjang 50 cm. Bayi itu langsung menjalani perawatan di lantai 2 ruang ICU, Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT).

Bayi perempuan yang diberi nama Febryana Omega Hayati itu merupakan anak kelima dari pasangan Ishak Manu (44) dan Nur Hayati (34),  warga Ploso VI/ 29, Surabaya. Dr Agus Harianto SpA , Ketua Divisi Neonatologie RSUD Dr Soetomo menyebutkan, kasus bayi seperti ini sudah yang ketiga kalinya diterima RSUD Dr soetomo.

"Informasi yang kami terima, bayi ini dilahirkan oleh orangtuanya di Bidan Delima Jl Kali Kepiting. Saat ini, kondisinya sedang kami stabilkan dulu," jelasnya.

Selanjutnya bila mampu bertahan selama seminggu, akan diadakan rapat oleh tim dokter untuk mengambil langkah penangangan. Bayi ini diketahui mempunyai lima kelainan dasar, yaitu jantung di luar, tulang dadanya terbelah (Oternal Neff), sekat rongga dada dan perut yang terbuka (Hernia Diafragma), kelainan jantung (Serambi bocor), dan pada perut terdapat organ yang keluar tetapi masih diliputi selimut. (Surya/Srihandi Lestari)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com