Mengapa Bobot Motor MotoGP Berubah?

Kompas.com - 07/02/2012, 22:41 WIB

KOMPAS.com — Tahun lalu, bobot minimum yang diusulkan untuk mesin MotoGP 2012 sempat berubah dua kali dalam rentang waktu enam minggu. Setelah sebuah pertemuan Komisi Grand Prix seri terakhir dilakukan di Valencia pada 5 November, selanjutnya diumumkan bahwa berat minimum motor baru 1.000 cc menjadi 153 kg (atau 3 kg lebih banyak dari motor 800 cc pada musim terdahulu).

Meskipun demikian, ternyata bobot motor tersebut justru meningkat menjadi 157 kg. Ini terjadi setelah Komisi Grand Prix mengadakan pertemuan berikutnya pada 14 Desember.

Honda termasuk pihak yang paling terkejut dengan hasil pertemuan bulan Desember tersebut lantaran bobot minimum bertambah 4 kg. Pebalap andalan tim asal Jepang tersebut yang menjadi juara dunia pada MotoGP 2011, Casey Stoner, langsung bereaksi.

"Memang agak frustrasi. Kami memiliki motor yang sudah dikembangkan, tetapi kemudian mereka memutuskan untuk mengubah peraturan sehingga kami harus menambahkan 4 kg lagi pada bobot motor kami," ujar pebalap asal Australia itu. "Ini merupakan kerugian buat kami karena motor itu sudah dikembangkan dengan berat tertentu sesuai keinginan, dan sekarang kami harus menambahkannya lagi."

"Ini berpengaruh pada motor. Hal tersebut bukan sesuatu yang Anda bisa perhatikan secara umum saat mengendarainya. Namun, Anda akan merasakannya sedikit di pertengahan tikungan. Kami harus mencoba untuk sedikit lebih beradaptasi dan mengatasi hal ini. Yang mengecewakan adalah keputusan itu dibuat begitu terlambat."

Selama tes resmi pra-musim di Sepang, CEO Dorna Carmelo Ezpeleta menjelaskan mengapa ada keputusan yang dilakukan begitu lambat tentang penambahan bobot 4 kg. Tampaknya ada "kesalahpahaman" di Komisi Grand Prix bahwa keputusan dibuat berdasarkan perubahan aturan MotoGP.

Komisi ini terdiri dari Dorna (pemegang hak MotoGP), FIM (federasi motorsport), IRTA (tim-tim), dan MSMA (pabrik). Namun, struktur voting tergantung pada tipe proposal yang didiskusikan.

"Proposalnya dibuat oleh Dorna dan IRTA, untuk pertemuan Komisi Grand Prix Valencia, untuk menaikkan bobot minimum ke 160 kg," ujar Ezpeleta. "Mengurangi bobot motor adalah hal sulit dan mahal bagi CRT (privateer). Jadi, jika semua orang bisa memakai bobot minimum yang sama, maka itu akan membantu CRT."

"Kami mengusulkan peningkatan bobot. Namun, MSMA mengatakan bahwa keputusan mereka sudah bulat, yaitu melawannya. Jika keputusan MSMA bulat, maka (Komisi Grand Prix) tidak bisa menyetujui aturan karena itu merupakan aturan teknis."

"Beberapa menit kemudian, (ternyata) itu bukan suara bulat. Itu suara mayoritas. Jika suara oposisi dari MSMA tidak bulat, maka kami tidak memiliki kewajiban untuk mengikutinya."

"Pada pertemuan Komisi Grand Prix bulan Desember kami berkata, 'Saya minta maaf. Di hari lain, kami salah paham tentang apakah keputusan MSMA sudah bulat. Saya menganggap, jika tidak dengan suara bulat, maka kami memiliki hak untuk memaksakan itu'."

"Akhirnya, daripada menjadi 160 kg, kami minta bobotnya menjadi 157 kg (untuk 2012), dan hal ini telah disetujui oleh mayoritas anggota Komisi Grand Prix."

Nah, untuk musim 2013 nanti, bobot motor MotoGP akan naik lagi menjadi 160 kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com