Google Wallet Diluncurkan Perdana di Jaringan Sprint

Kompas.com - 20/09/2011, 06:47 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Google akhirnya meluncurkan solusi pembayaran lewat telepon dengan layanan Google Wallet yang mulai dapat digunakan Senin (19/9/2011). Dengan Google Wallet, ponsel seseorang bisa menjadi semacam dompet dan pembayaran bisa dilakukan dengan mendekatkan ponsel ke alat bayar di kasir melalui teknologi near field communication (NFC) yang sudah diterapkan di sejumlah smartphone model terbaru.

"Kami telah mengujinya secara intensif dan hari ini kami merilis versi pertama aplikasi di Sprint," tulis Osama Bedier, Vice President of Payments Google di blog resmi perusahaan, Senin. Pengguna smartphone Nexus S 4G yang berlangganan Sprint dapat mencoba layanan tersebut lewat OTA (over the air) update.

Untuk sementara, layanan ini baru mendukung pembayaran dengan kartu kredit Citi Mastercard dan Google Prepaid Card. Khusus untuk pengguna Google Prepaid Card akan mendapatkan bonus 10 dollar AS jika mengaktifkannya pada Google Wallet sampai akhir tahun. Namun, ke depan juga akan didukung Visa, Discover, dan American Express.

"Tujuan kami adalah membuat Anda memasukkan semua pembayaran kartu kredit ke Google Wallet sehingga Anda dapat mengatakan selamat tinggal termasuk kepada dompet tradisional Anda," lanjut Bedier.

Untuk bisa memanfaatkan layanan ini memang membutuhkan smartphone yang mendukung teknologi NFC. Chip NFC diperkenalkan Google pertama kali pada smartphone Android Nexus S yang menggunakan software Android 2.3 atau Gingerbread. Pembayaran juga hanya bisa dilakukan di gerai-gerai yang sudah menggunakan terminal pembayaran NFC dan mendukung Google Wallet. Ingin tahu lebih banyak seperti apa cara kerjanya, lihat videonya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com