XL Tambah 100 BTS di Sepanjang Jalur Mudik

Kompas.com - 25/07/2011, 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT XL Axiata Tbk (XL) akan menambah 100 BTS dan mempersiapkan titik-titik dengan layanan Wi-Fi di sepanjang arus mudik selama Bulan Ramadhan hingga Lebaran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik telepon, SMS, maupun akses data pelanggan selama masa mudik. Tahun 2010, XL mencatat terjadinya lonjakan dua kali lipat dari trafik normal XL.

Hal ini disampaikan Robert Dedi Purwanto, Vice President NOC-Netco (Network) XL. "Trafik SMS di hari-hari normal mencapai sekitar 630 juta SMS. Sementara trafik percakapan mencapai sekitar 530 juta menit, dan trafik data mencapai 33 Terabytes. Jumlah ini meningkat dua kali lipat tahun lalu. Untuk tahun ini, kami memperkirakan lonjakan trafik hingga 30 persen," ujar Robert dalam peluncuran program Ramadhan XL XLalu Lebih Baik di FX Plaza, Senayan, Jakarta, Senin (25/7/2011).

Jaringan XL saat ini diperkuat dengan lebih dari 24.000 BTS (2G/3G), juga jaringan serat optik yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Pulau Sumatera, Batam, dan Sulawesi.

"Tahun 2011 XL telah menambah 3000 BTS 2G dan 2000 BTS 3G. Untuk Lebaran tahun ini, kami akan menambah lagi 100 BTS yang tersebar di pulau Jawa dan Madura, sepanjang jalur mudik. Selain itu, kami juga menambah 18 mobile BTS untuk titik-titik yang mengalami trafik paling tinggi," ungkap Robert.

Tahun lalu, trafik tertinggi tercatat di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Untuk mengecek kualitas jaringan, XL telah melakukan XL Network Rally di sepanjang jalur mudik minggu lalu. Uji jaringan dilakukan menggunakan mobil, kereta api, dan kapal laut. "Kalau trafik sudah mencapai 70 persen, kami akan siapkan untuk penambahan Mobile BTS. Kami juga akan menyediakan layanan Wi-Fi dari mobil-mobil mudik XL yang tersebar di sepanjang jalur mudik," tambah Robert.

Selain itu, XL bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia Persero (PT KAI) akan menyediakan layanan Wi-Fi  di kereta api Argo Bromo Anggrek.

"Kami masih melakukan uji coba di kereta api ini selama bulan Ramadhan. ke depan, kami berharap bisa menyediakan layanan Wi-Fi di kereta-kereta lainnya," tambah Robert. Selain akses Wi-Fi di kereta Argo bromo Anggrek, XL juga menyediakan telepon umum gratis (TUG) di 6 stasiun kereta terbesar di Indonesia, namun hanya untuk menghubungi nomor XL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya

    Komentar
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com