Vettel :Fatal Melakukan Kesalahan di Valencia

Kompas.com - 20/06/2011, 15:32 WIB

VALENCIA, KOMPAS.com - Pebalap Sebastian Vettel yang sementara ini memimpin klasemen dengan 161 angka mengatakan bahwa balapan di sirkuit Valencia (26/6) yang menjadi F1 Eropa bakal seru. Karena, mobil memerlukan banyak sayap untuk menaklukkan 25 tikungan dan sedikitnya jalur lurus di trek sepanjang 5,419 km itu. "Bila Anda sedikit slide saja akan menyender di dinding pembatas,"ungkap pebalap tim Red Bull.

Sebagai juara bertahan, Vettel yakin mobilnya RB7 akan bisa mengatasi sirkuit "tricky" yang menjadi rangkaian kedelapan musim ini. Ia sendiri sampai putaran ketujuh sudah memenangkan lima balapan, dua kali finish kedua dan enam kali menempati posisi 'pole'.

Meski sudah unggul 61 angka, pebalap asal Jerman itu tak meremehkan lawannya. Karena, katanya, salah sedikit bisa berakibat fatal di Valencia ini. "Suasana di sekitar pelabuhan di Valencia sangat mirip dengan Monaco, kecuali peddocknya dengan garasi yang lebih besar. Sirkuit ini memang jalanan, namun kecepatan rata-ratanya sangat tinggi (200 km per jam), jadi cukup sulit," urainya.

Tantangannya, lanjut Vettel, sirkuit ini tak punya zona "run-off", sehingga ketika Anda melakukan kesalahan akan berakhir di dinding pembatas. menyalip sulit, terutama pada tikungan ke-12. "Kendati punya balapan yang bagus tahun lalu, mobil harus dalam kondisi prima saat balapan nanti," harap Vettel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com