Baresi: Inilah Resep Juara Barca

Kompas.com - 14/06/2011, 09:34 WIB

BARCELONA, KOMPAS.com — Legenda AC Milan, Franco Baresi, menyatakan dirinya sendiri sebagai pengagum sepak bola Barcelona. Menurut dia, Barcelona bisa berprestasi tanpa meninggalkan sepak bola indah karena pelatih Josep Guardiola bisa meyakinkan setiap pemain, melibatkan semua pemain, dan membuat mereka gembira saat bermain.

Berikut ini adalah petikan wawancara Baresi dengan Barca TV.

Apa yang Anda ingat dari pertandingan antara Barcelona dan Milan di final Liga Champions 1994?

Saya tentu ingat bahwa Barcelona saat itu adalah tim hebat. Saya tidak bermain di final itu karena diskors. Namun, itu pertandingan bagus bagi kami. Luar biasa. Kami takut kepada Barcelona karena mereka tim yang sangat kuat. Mereka menjuarai liga dan memiliki pemain-pemain bagus. Sepak bola Johan Cruyff selalu spektakuler, tetapi saya pikir, Milan pantas memenangi pertandingan itu. Kami memainkan sepak bola yang bagus.

Apakah Barcelona saat ini adalah evolusi dari tim yang dilatih Cruyff dulu?

Kedua tim berbeda. Kedua-duanya tim hebat, dengan pemain hebat. Saya pikir, tim Guardiola lebih terorganisasi. Mereka memainkan sepak bola menyerang, tetapi juga terorganisasi dengan baik, penuh keterampilan, berkualitas hebat, bergerak cepat dengan bola. Saya yakin, Barcelona yang sekarang ini jauh lebih lengkap dan sangat sulit dikalahkan.

Bagaimana Anda mendefinisikan Barcelona era Guardiola?

Ini adalah tim yang menyenangkan untuk disanksikan. Bagi pencinta sepak bola, saya pikir merupakan kegembiraan melihat Barcelona karena mereka memiliki gelandang dan penyerang menakutkan. Saya sangat menyukai mereka karena itu adalah sepak bola yang menyenangkan dan karena pertunjukkan yang mereka tawarkan.

Mereka sering dibandingkan dengan AC Milan era Arrigo Sacchi. Sebagai orang yang bermain untuk Milan, mana yang menurut Anda akan berdampak sangat besar? Sulit membandingkan. Mereka berada pada masa yang berbeda, momen yang berbeda. Milan era Sacchi adalah tim yang hebat. Mereka memainkan sepak bola jenis baru. Itu evolusi besar. Cara mereka menggabungkan kualitas dengan organisasi. Saya pikir, Anda bisa membandingkan mereka dengan dengan Barcelona era Guardiola dalam hal ini: Pemain hebat dan terorganisasi dengan baik. Mereka adalah tim hebat yang sulit dibandingkan.

Siapa yang Anda pikir telah sangat berinovasi dalam sepak bola?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com