Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2015, 18:10 WIB

KOMPAS.com - Materi memang salah satu hal yang bisa membuat orang merasa bahagia. Karena dengan materi, seseorang akan bisa memenuhi kebutuhan dalam hidupnya. Tapi, tak berarti membuat seseorang lebih bahagia. Pasalnya, untuk bahagia , kesehatan Anda harus baik. Bukan hanya kesehatan fisik, tapi kesehatan mental juga penting diperhatikan.

Menjaga tubuh selalu sehat merupakan salah satu kunci untuk memperoleh kebahagian dalam hidup seseorang. Dual hal tersebut sangat terkait, sehingga sulit untuk memilih mana yang harus terlebih dulu di prioritaskan. Tapi Anda harus mencoba untuk menjaga keseimbangan antara kebahagian dan kesehatan. Berikut ini adalah 4 alasan utama kebahagiaan seseorang tergantung pada kesehatan:


1. Sehat secara fisik dan mental

Ketika kita bicara soal kebahagiaan, ini berarti tentang seluruh aspek kehidupan. Kesehatan fisik dan mental sangat berpengaruh dengan kebahagiaan. Sebanyak apapun pencapaian dan materi yang sudah Anda peroleh, Anda tentu tak akan merasa bahagia jika setiap malam harus mengonsumsi obat tidur. Bahkan sakit kepala pun, akan membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Untuk menjaga kesehatan mental Anda dapat melakukan meditasi, memiliki pandangan yang luas dan selalu berpikiran positif terhadap suatu hal. Jadi, hindari untuk mengabaikan setiap sinyal tubuh yang akan membuat Anda sakit. Jika Anda mulai merasakan ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan tubuh Anda, segera periksakan agar tidak menganggu kebahagiaan Anda.


2. 
Sakit fisik akan mengganggu pikiran positif

Kebahagiaan dari dalam adalah ketika kita bisa mengubah cara kita dalam menghadapi sesuatu, mengelola apa yang kita rasakan, dan apa yang kita pikirkan. Hal ini akan memfokuskan untuk selalu berpikir positif dalam setiap situasi, yang selanjutnya dapat membawa perubahan positif dalam hidup kita. Namun, seseorang biasanya akan sulit berpikir positif, ketika kondisi fisik menurun. Jadi, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan berbagai cara agar bisa berpikir positif dan merasa bahagia.


3. 
Perasaan tak nyaman

Sakit adalah ketika kondisi tubuh Anda dalam keadaan tidak seimbang. Namun jika ditilik lagi, disease berasal dari kata “dis-ease” yang berarti tidak enak atau tidak nyaman. Jadi ketika Anda sedang tidak enak badan, Anda juga akan merasa tidak sehat secara mental. Karena itu, untuk mencegah ini terjadi, Anda harus menjaga kesehatan.


4. 
Badan tak sehat menimbulkan pikiran negatif

Ketika Anda sedang tidak sehat, kemungkinan untuk bersikap negatif akan meningkat. Ini karena Anda sedang merasa “tidak baik”. Tubuh Anda terasa tidak nyaman dan semua terasa sakit, dan Anda harus menghadapinya, meski tak ingin.

Saat sakit, Anda pun seakan memiliki lebih banyak alasan untuk mengeluh tentang hidup Anda. Selain itu, Anda juga cenderung lebih mudah terganggu, kesal dan bahkan tidak peduli pada sesuatu. Ini tentunya akan memperburuk kesehatan Anda dan tidak akan memberikan kebahagiaan apapun. (Muthia Zulfa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com