Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2014, 16:05 WIB
Unoviana Kartika,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Menghadapi anak yang pemilih dalam hal makanan memang kerap membuat pusing orangtua. Karena itu dari pada anak tidak makan, orangtua biasanya mengabulkan keinginan anak untuk mengasup makanan yang mereka sukai saja.

Namun, menyajikan makanan yang itu-itu saja bisa membuat anak kekurangan beberapa zat gizi esensial yang perlu didapat dari variasi makanan.

 
Menurut pakar nutrisi asal Amerika Serikat Jacqueline Silvestri Banks, anak-anak sejatinya membutuhkan zat gizi lebih banyak dari orang dewasa karena mereka masih dalam masa pertumbuhan. "Mereka membutuhkan makanan yang padat gizi dan lemak sehat guna menunjang pertumbuhan badan dan otaknya," jelas dia.
 
Orangtua pun perlu pintar-pintar menyiasati penyajian makanan anak. Inilah lima makanan yang bisa jadi inspirasi untuk dimasukkan ke dalam menu makanan anak.
 
1. Kuning telur.
Kuning telur mengandung lemak sehat dan kolesterol yang dibutuhkan untuk perkembangan otak dan sistem saraf, seperti kolin, asam amino dan vitamin A. Faktanya, vitamin banyak ditemukan pada kuning telur daripada putihnya.
 
2. Hati
Hati kaya akan vitamin A yang merupakan nutrisi penting dalam menunjang pertumbuhan bayi dan anak-anak. Hati juga merupakan sumber zat besi dan vitamin B12 yang baik. Tak hanya itu, hati juga mengandung kolin dan kolesterol yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.
 
3. Telur ikan salmon
Telur ikan salmon merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3 yang terbaik, bahkan lebih baik daripada daging salmon sendiri. Telur ikan salmon juga kaya antioksidan dan vitamin larut lemak, serta seng dan yodium.
 
4. Daging sapi
Bahan pangan satu ini merupakan sumber zat besi, seng, dan vitamin B yang baik untuk menunjang perkembangan yang sehat. Penelitian menunjukkan, daging sapi khususnya dari sapi pemakan rumput, mengandung lebih sedikit lemak jenuh, tetapi asam lemak omega-3 yang lebih tinggi.
 
5. Produk-produk kelapa
Minyak kelapa, kelapa parut tanpa gula, krim kelapa, atau susu kelapa memberikan nutrisi yang tinggi meski dalam sajian kecil. Meskipun produk kelapa mengandung lemak jenuh yang tinggi, namun tidak mengandung lemak trans. Produk kelapa juga diketahui kaya akan asam laurik, senyawa yang memperkuat sistem imun yang juga ditemukan dalam ASI. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com