Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2013, 16:22 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com — Ngopi sejenak di sela-sela kesibukan mungkin bisa mengurangi rasa lelah yang sudah mulai terasa sebelum hari berakhir. Namun sebenarnya, perubahan-perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari mungkin bisa mengurangi rasa lelah.

Bahkan sedikit perubahan itu bisa membuat Anda merasa lebih waspada, positif, dan bersemangat sepanjang hari. Inilah 5 perubahan tersebut.

1. Pilih sarapan yang tepat

Makan makanan yang minim kandungan gizi di pagi hari dapat menurunkan kadar energi sepanjang hari. Maka mulailah hari dengan memilih jenis sarapan yang bergizi. Makanan tinggi serat, karbohidrat kompleks, dan protein dapat menjadi bahan bakar yang menjaga tubuh dari rasa lelah.

2. Sempatkan berolahraga

Menyempatkan berolahraga di tengah kesibukan mungkin terdengar tidak mungkin. Namun selama ada keinginan kuat, hal itu bisa tercapai. Olahraga bisa dilakukan di pagi hari sebelum bekerja, setelah makan siang, ataupun seusai bekerja. Olahraga mampu meningkatkan endorfin dan memberi energi yang melawan lelah. Olahraga teratur akan membantu tidur lebih nyenyak dan bangun lebih waspada.

3. Cukup minum

Cukup cairan merupakan kunci pencernaan sehat, kulit bercahaya, dan perlawanan terhadap lelah. Faktanya, lelah merupakan tanda-tanda tubuh kurang cairan. Maka jangan lupakan minum meski tengah sibuk bekerja.

4. Sempatkan beristirahat

Kadang berjalan-jalan kecil dapat menyegarkan kembali pikiran sehingga menjadi cara alami menangkal lelah. Jika tubuh mulai terasa lelah, tidak ada salahnya meninggalkan meja sejenak untuk sekadar berjalan menghirup udara luar.

5. Matikan peralatan elektronik sebelum tidur

Tidur merupakan kebutuhan untuk memperbaiki fungsi tubuh. Namun peralatan elektronik seperti handphone, laptop, ataupun televisi yang ada di sekitar Anda saat Anda tidur akan mengganggu pola tidur. Hal itu akan berpengaruh terhadap rasa lelah saat bangun keesokan harinya. Maka sebaiknya matikan dan jauhkan alat elektronik minimal 20 menit sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com