Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi "Caesar" Tetap Bisa Inisiasi Menyusui

Kompas.com - 04/06/2012, 14:43 WIB
Halo Prof

Konsultasi kesehatan tanpa antre dokter

Temukan jawaban pertanyaanmu di Kompas.com

KOMPAS.com -  Melahirkan melalui operasi sectio caesarea bila tanpa komplikasi pada ibu selama operasi dan setelah lahir bayi dalam  keadaan sehat dan bugar seharusnya tidak menghalangi keinginan ibu untuk melakukan Inisiasi Menyusu Dini atau IMD.

Setiap bayi baru lahir sudah seharusnya mendapatkan hak memperoleh Air Susu Ibu. Oleh karena itu, perlu sebuah kesepakatan dan kerjasama yang saling mendukung antara niat ibu, kebijakan rumah sakit  dan ada support dari petugas medis (dokter kandungan dan dokter anak ), paramedis (bidan dan perawat) untuk peduli akan hak bayi untuk mendapat ASI dengan melaksanakan IMD.

Pada beberapa kasus kebidanan, dimana seorang ibu bersalin terpaksa harus menjalani operasi sectio caesarea misalnya karena panggul sempit, bayi letak sungsang, posisi melintang, lilitan tali pusat, resiko tinggi faktor usia dan riwayat kehamilan sebelumnya dll (high social value baby), sebaiknya tetap  diberi dukungan dan difasilitasi  agar dapat melakukan IMD di ruang operasi.

Mengapa perlu tetap dilakukan IMD di ruang operasi? Sebagaimana proses kelahiran spontan normal, bayi baru lahir tetap mengalami fase yang sama pada masa awal kelahiran. Masa transisi perubahan dari dalam rahim ke luar rahim menjadi  momen penting  dimana bayi memulai awal kehidupannya.

Pada saat IMD akan memberi kesempatan  untuk melakukan kontak fisik dan perlekatan dari kulit ke kulit langsung antara ibu dan bayi  dengan cara bayi diletakkan di dada ibunya. Proses IMD ini akan membentuk suatu keterikatan psikologis yang kuat (early infant mother bonding).

Sentuhan rasa aman dan kehangatan kulit tubuh ibu akan membuat bayi merasa aman dan dilindungi. Inilah awal stimulasi mental yang positif bagi bayi baru lahir.

Selanjutnya bayi secara alamiah akan mencari dan menghisap puting payudara ibu. Perlu diketahui bahwa refleks hisap paling kuat pada bayi adalah jam-jam pertama setelah lahir. Setelah itu bayi akan mengantuk. Oleh karena itu, melakukan Inisisasi Menyusu Dini dalam 30 menit pertama bayi lahir sangat penting.

Rangsangan dari proses IMD ini akan membantu refleks pengeluaran hormon oksitosin dan prolaktin yang mempercepat pengeluaran ASI.

Selanjutnya, proses ini akan menumbuhkan rasa percaya diri seorang ibu untuk terus  semangat memberikan Air Susu Ibu sebagai makanan terbaik bagi bayinya.

Tiga hal perlu ibu lakukan untuk dapat melakukan IMD pada saat operasi caesar :

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com