Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Kejang Demam pada Kecerdasan Anak

Kompas.com - 12/10/2011, 13:06 WIB

TANYA: Anak saya pada usia 2 tahun pernah step selama 15 menit. Apakah ada efeknya pada kecerdasan dok? Pertanyaan kedua mengenai berat badannya yang susah gemuk, padahal ia makan 3-4 kali sehari dengan porsi seperti orang dewasa. Apakah penyebabnya dok? Sebagai informasi ia kini berusia 10 tahun, BB 28 kg dan Tinggi 140 cm.   Ana (33), Jakarta

JAWAB: Step (kejang demam) terjadi akibat terjadinya locatan arus listrik di otak yang terganggu karena demam. Kejang demam yang terjadi kurang dari 15 menit lamanya, kondisi setelah kejang anak tetap sadar, tidak terjadi gejala sisa akibat kejang seperti kelumpuhan otot-otot tungkai, tidak terjadi gangguan tumbuh kembangnya, kejang tidak terjadi berulang-ulang, biasanya tidak mengkhawatirkan. Terlebih bila kondisi saat ini ia tetap seperti biasa.

Berat badan yang tidak bisa bertambah dapat disebabkan karena ketidakseimbangan antara asupan nutrisi dengan kebutuhannya (untuk tumbuh kembang, aktifitas, dan sebagainya). Yang dimaksud dengan asupan nutrisi yang cukup adalah yang sesuai dengan kebutuhan kalori dan komposisi zat gizi yang seimbang.

Tanda kecukupan asupannya adalah berat badan yang bertambah secara optimal. Berat badan idealnya saat ini adalah berkisar antara 34-35 kg. Perlu diingat, anak yang gemuk tidak secara otomatis sehat. Sedangkan pola makan pada anak harus dilatih secara berulang dan berkesinambungan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com