Kompas.com - 14/02/2015, 18:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com – Pastinya menjadi hal yang sungguh mendebarkan ketika anak Anda mulai memasuki usia sekolah. Wajar saja jika sebagai orang tua, Anda memikirkan yang terbaik hingga yang terburuk untuk anak. Agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, beberapa nilai kehidupan berikut dapat mulai ditanamkan pada anak, sebelum ia mulai mencicipi bangku pendidikan.

Inilah tujuh nilai penting kehidupan yang bisa mulai Anda tanamkan dari sekarang pada anak, dilansir situs Boldsky.

1. Ajarkan kemandirian.
Seorang anak yang baru mau memasuki dunia pendidikan, tentunya belum memiliki gambaran apa saja yang akan ia lakukan saat bersekolah. Maka dari itu, berikan anak Anda penjelasan mengenai berbagai tugas, kewajiban dan haknya selama berada bersekolah. Jangan lupa juga untuk mengajarkan kemandirian, agar anak siap saat Anda tak berada di sampingnya saat di dalam sekolah.

2. Bertanggung jawab. 
Latih tanggung jawab anak semenjak di rumah. Anak harus dapat bertanggung jawab dengan apa yang menjadi milik serta kewajibannya. Jika Anak sudah terbiasa bertanggung jawab, maka ia akan lebih mudah beradaptasi dengan tugas-tugas di sekolah.

3. Biasakan berbagi.
Saat di sekolah, anak akan dituntut untuk bersosialisasi dengan teman-teman di sekitar. Mau berbagi adalah salah satu sifat penting yang wajib diajarkan dan ditanamkan pada anak. Hal ini akan memudahkan anak mendapat teman di lingkungan baru. 

4. Jelaskan pembagian waktu di sekolah.
Hal ini bisa dikatakan menjadi hal yang sering terlupakan bagi orang tua untuk mengajarkan pada anaknya. Menjelaskan lama waktu sekolah, serta kegiatan seperti belajar, makan siang, dan bermain biasanya diserahkan kepada guru di sekolah. Tak ada salahnya Anda memberi tahu anak Anda agar ia lebih cepat beradaptasi saat di sekolah.

5. Perlahan jauhkan anak dari mainan kesukaannya.
Tidak terdengar kejam, tetapi ada baiknya untuk menghindari kebiasaan anak yang tidak mungkin diterapkan di sekolah seperti membawa barang-barang kesayangannya ke sekolah. Hal ini juga akan melatih anak untuk memiliki kebiasaan baru saat menjadi seorang siswa.

6. Interaksi dengan anak seumur.
Biasakan anak Anda untuk berbaur dan bersosialisasi dengan teman sebayanya sebelum menginjakkan bangku sekolah. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membawa anak ke area publik (taman atau tempat bermain) saat sore hari, berkumpul bersama tetangga atau teman-teman yang memiliki Anak sepantaran anak Anda.

7. Ceritakan asyiknya sekolah.
Jangan lupa untuk mengungkapkan cerita positif tentang keasyikan ketika bersekolah. Secara otomatis cara ini akan menumbuhkan pemikiran positif pada anak, hingga dapat membuat dirinya berpikir kalau sekolah adalah tempat yang menyenangkan untuk didatangi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com