Giring "Nidji" Sebut YouTube Musuh Terbesar Musik Indonesia

Kompas.com - 23/05/2015, 10:06 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan album musik Indonesia saat ini tengah lesu lantaran banyaknya pembajakan melalui kepingan kaset fisik ataupun upload lagu secara digital. Menurut vokalis grup band Nidji, Giring Ganesha (31), salah satu musuh terbesar industri musik Indonesia adalah maraknya peredaran lagu secara digital melalui situs YouTube.

"Apa sih musuh terbesar musik di Indonesia? YouTube. Karena masih ada yang upload karya orang, padahal punya DVD aslinya," kata Giring dalam wawancara di Youth Xperience Zone 2015, di Balai Sarbini, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (22/5/2015).

Bahkan, lanjut Giring, daripada memutar lagu atau menonton video klip melalui kepingan kaset, masyarakat malah lebih memilih untuk menonton di situs YouTube.

"Jadi, kalau teman-teman masih mau lihat Nidji, Noah, atau Ungu, ayo stop," kata dia.

Giring menceritakan, saat pergi ke klinik gigi, dirinya tak sengaja melihat ada salah satu staf yang memutar lagu melalui situs tersebut.

"Sebenarnya, kalau kita menghargai karya anak bangsa sendiri, harusnya mulai sadar, bisa beli kaset (originalnya)," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com